Cara Mengatasi Nyeri Saat Haid

Pasti setiap wanita akan memgalami menstruasi. Haid atau menstruasi adalah fase dimana lapisan endometrium (lapisan terluar dari rahim), bila pada saat ovulasi tidak ada pembuahan dan penempelan yang kemudian lapisan itu dilepaskan dan keluar lewat jalan lahir.

Haid yang dialami wanita kadang teratur waktunya dan kuantitasnya tapi kadang sebaliknya. Hal ini tidak bisa diramalkan kelancarannya karena berhubungan dengan organ dalam tubuh wanita. Berhentinya haid secara tiba-tiba yang tidak diketahui sebabnya, kemungkinan disebabkan oleh Amenore, yaitu adanya gangguan stress, depresi serta kecemasan. Bisa juga karena diet keras, dan juga akibat obat-obatan. Haid yang tidak teratur bisa juga mengakibatkan risiko yang paling buruk yaitu kanker rahim.

Haid memang kodrat setiap wanita. Tapi ketika mengalaminya, banyak wanita yang tidak bisa menerima resikonya. Karena haid yang merupakan proses alami sebagai akibat tidak adanya proses pembuahan dalam rahim memiliki rasa sakit yang sangat menyiksa dan tiada tara. Sebenarnya penyakit ini bisa dicegah kalau terlebih dahulu mengkonsumsi makanan yang dapat mengurangi rasa sakitnya. Sebagai alternatif dari obat, cobalah untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung mineral seperti daging ginjal, kacang kedelai, serta sayuran dengan daun-daunan hijau. Cobalah juga untuk membatasi mengkonsumsi garam dikala haid untuk menghindari timbulnya perasaan kenyang serta membengkaknya bagian tubuh. Akan lebih baik kalau banyak minum air untuk mencegah penggumpalan cairan dan melancarkan peredaran saluran darah. Selain itu untuk kadang pada saat haid, banyak wanita yang tidak dapat menahan emosinya, konsumsi karbohidrat agar terjaga tingkat gula dalam darah untuk menstabilkan emosi Anda.

Teratur tidaknya siklus haid tergantung pada 3 hal, yaitu keseimbangan hormonal yang utuh, kesehatan jasmani yang optimal, dan kondisi emosi yang stabil. Jika salah satu faktor itu terganggu maka, haid juga akan terganggu. Haid yang tidak teratur dianggap normal jika terjadi pada usia remaja (pertama haid). Pada masa ini ketidak teraturan haid tidak perlu diobati. Hal ini mungkin akan terjadi selama 3-5 tahun sejak pertama haid. Haid yang terhenti selama beberapa bulan karena pengaruh kadar hormon estrogen dalam darah. Estrogen bertanggung jawab pada tumbuh dan menebalnya endometrium (lapisan rongga rahim). Bila suatu saat estrogen dalam darah menurun maka akan terjadi pengelupasan endometrium. Hormon yang berperan disini adalah progesteron.

Sebenarnya nyeri yang dirasakan saat haid, tidak hanya terjadi pada perut bagian bawah saja. Beberapa remaja perempuan bahkan merasakannya pada punggung bagian bawah, pinggang, panggul otot paha atas, hingga betis.Rasa yang tidak nyaman ini disebabkan karena kontraksi otot perut yang sangat intens saat mengeluarkan darah haid. Kontraksi yang sangat intens ini kemudian menyebabkan otot menegang. Ketegangan otot ini tidak hanya terjadi pada otot perut, tetapi juga otot-otot penunjang otot perut yang terdapat di bagian; punggung bawah, pinggang, panggul, paha hingga betis.

Cara instan mengatasi nyeri yang bisa mengganggu kegiatan ini adalah mengonsumsi obat pereda nyeri haid. Umumnya jenis obat ini mengandung analgesik (pereda nyeri) dan antipiretik (pereda demam) dengan dosis rata-rata, dan dibuat sesuai izin Departemen Kesehatan RI. Jenis obat ini memiliki khasiat 2 / 4 jam setelah dikonsumsi, dan tidak disarankan untuk mengonsumsi lebih dari 8 pil per hari. Asalkan dikonsumsi sesuai aturan, tidak akan mengganggu kesehatan.

Namun, ada cara alternatif yang bisa membuatmu merasa lebih nyaman saat nyeri haid menyerang:

  1. Mandilah dengan menggunakan air hangat. Akan lebih baik bila ditambah aroma terapi untuk relaksasi.
  2. Kompreslah perut atau pinggang yang nyeri dengan botol hangat.
  3. Hindari mengonsumsi minuman dingin. Gantilah dengan minuman hangat dan mengandung kalsium tinggi.
  4. Ketika berbaring, ambil posisi menungging sehingga rahim menghadap ke bawah. Hal ini dapat membantu relaksasi.
  5. Tarik napas dalam dan perlahan untuk relaksasi.
  6. Lakukan pijatan lembut pada bagian tubuh yang terasa pegal, sakit atau tegang.
  7. Hindari mengenakan pakaian yang ketat menjelang atau selama haid.

…….Selamat Mencoba……..

Penyebab-penyebab Amenorrhoe (tidak haid sama sekali)

  1. Hymen imperforata, yaitu selaput dara tidak berlubang. Sehingga darah menstruasi terhambat untuk keluar. Mengatasinya dengan operasi untuk melubangi selaput dara.
  2. Menstruasi anovulatoire, yaitu rangsangan hormon-hormon yang tidak mencukupi untuk membentuk lapisan dinding rahim, hingga tidak terjadi haid atau hanya sedikit. Pengobatannya berupa terapi hormon.
  3. Amenorrhoea sekunder, biasanya penderita sudah pernah mens sebelumnya. Penyebabnya si individu menderita hipotensi, anemia, infeksi, atau kelemahan kondisi tubuh secara umum. Stres dan tekanan psikologis juga dapat menyebabkan hal ini.

28 responses to “Cara Mengatasi Nyeri Saat Haid

  1. mengkonsumsi obat penghilang nyeri haid apa tidak berpengaruh negatif bagi reproduksi? apa ada obat herbal yg dapat menghilangkan nyeri haid?

  2. sediain Dumin deh di tas atau di rumah gitu.

    obat ini bukan cuma ampuh buat sakit kepala lho, buat ngatasin nyeri juga nggak kalah hebatnya. dan, oke nya lagi, soalnya aman banget dan gak bikin deg2an – iya lah, secara gak ada kafeinnya gitu :P

    coba deh ;-)

  3. Perasaaan dulu biasa aja, tapi kenapa sekarang tambah parah ngalahin orang p[erang rasanya mendiung ditembak sekalian dech biar mati…apalagi kalo perjalanan wah pertaruhan hidup dan mati…
    Tips cara jitunya adalah:
    1. Minum Sprit 3 Botol
    2. Jamu tradisional racikan nenekmoyang.hahahha
    3. Marahlah kepada orang disampingmu….
    kalo perlu makan sekalian biarkenyang…..

    • wah?? masa?? saya emang pernah denger mitos ttg minum sprit buat ngeredain sakit waktu haid,, tapi apa emang bener ada khasiatnya??
      ada suggest jamu apa yang jitu gk?? please..
      thx.

  4. Aku prnh juga ikutan kakakq waktu nyeri haid minum asem
    Caranya
    Sediain air hangat 1 gelas
    Asam secukupnya
    Garam seujung sendok
    Gula

    Abis minum itu nyerikuu hilang loh,,

  5. biasanya kalau blm menikah sih iya….gitu dech sakitnya bikin mau ko’itttt…tapi tenang, bukan aku jha yg rasain semua cewek juga…..skrg gw lg rasain niiii..obatnya sih gampang
    1. minum bodrex 1 pcs jha,,,,
    2. minum minuman ber gas bukan beralkohol yah…
    3. banyak olah raga
    4. nasehatin org pande…..wekwekwek

  6. g brani mkn pas nyeri haid..
    Pgndtx munta..
    Pokokx skt g karuan..
    Lok minum asem mlh skt g karuan dlu bru sembuh..
    Jd ngejuice buah2 segar kuh pas haid

  7. caranya ::
    1. minum panadol biru
    2. keramas
    3. olah raga
    4. minum kopi pahit tanpa gula
    5. kalo engga mempan juga,, nyebuur ajah ke laut
    hahahahahahha

  8. Saya mw tnya stiap sya haid dri prtma smpe skrg sdah pnya suami,prut sya slalu skit,yg mw sya tnyakn apa btul klau haid slalu sakit tidak akan punya anak???

  9. kebanyakan yg baca ini yg lagi nyeri juga, iyaa aku juga :D sakit!!
    biasanya kalau udah parah aku konsumsi obat “mefinal” langsung ilang nyerinya

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s