Senam Aerobik; Tubuh Sehat, Langsing pun Dapat

Rutinitas olahraga yang itu-itu saja kerap menjenuhkan. Sehingga tak jarang membuat kita berhenti di tengah jalan. Tapi jangan menyerah, coba ganti dengan cara lain. Lakukan olahraga yang tak menjenuhkan dan penuh kreasi, senam aerobik misalnya. Dengan iringan musik, olahraga ini tak hanya membuat tubuh sehat, tapi juga menjadi ‘terapi’ melangsingkan tubuh dengan tepat.

Senam aerobik merupakan gabungan gerakan-gerakan yang energik dan selalu kreatif. Gerakannya selalu berubah-ubah tidak dominan hanya pada satu gerakan saja membuat orang yang melakoninya tidak jenuh. Apalagi sembari mendengarkan musik, senam pun jadi tambah semangat.

Latihan aerobik memberi banyak manfaat, antara lain meningkatkan daya tahan jantung, paru-paru, menguatkan otot-otot tubuh, kelenturan, dan membakar kalori. Senam sembari mendengarkan musik memberi efek yang teramat positif selain memompa semangat juga memberi rasa rileks.

Inilah yang dikatakan Rino selaku instruktur senam aerobik didampingi Herlina, Rusmini dan Ginta pengelola Enjoy Fitness Centre yang berlokasi di Jalan Pancur Batu Nomor 4 Simpang Jalan Bandar Baru Medan.

Pria yang sudah hampir 20 tahun menjadi instruktur ini mengatakan senam aerobik kian menjadi tren saja di Kota Medan. Terbukti dari makin menjamurnya pusat-pusat fitness centre.

Pada dasarnya semua olahraga sama manfaatnya. Hanya saja gerakan yang monoton kerap membuat bosan sehingga ditinggalkan. Berbeda dengan olah tubuh lainnya, senam aerobik kreatif dan penuh variasi.

Seperti senam SKJ yang sering dimainkan semasa sekolah dulu. Memang senam yang menggunakan musik tetapi gerakannya yang monoton dan sudah terprogram amat berbeda dengan senam aerobik yang menciptakan gerakan-gerakan berbeda sesuai alunan musik. “Setiap instruktur mempunyai kreasinya sendiri, kreasi inilah yang akan diberikan kepada murid-muridnya,” papar Rino saat ditemui Global.

Contohnya saja di Enjoy Fitness Centre yang memiliki 16 instruktur memberi nuansa berbeda di tiap kelasnya. Setiap kelas diselingi dengan instruktur memiliki kreasi berbeda. Belum lagi musik yang diputar senantiasa berganti. Dari mulai musik rock and roll, disco, country dan dangdut tidak membuat peserta jadi jenuh. “Intinya bagaimana menjadikan olahraga sarana yang menyenangkan bahkan menghilangkan stres,” papar Rino.

Hindari Obat Pelangsing

Rino melanjutkan, idealnya waktu bersenam ria tergantung motivasi masing-masing. Jika untuk menurunkan berat badan, baiknya dilakukan setiap hari dalam kurun waktu 60 menit. Sedang untuk menjaga stamina sehatnya dilakoni 60 menit setiap tiga kali seminggu. Tapi tentunya tak semata senam aerobik, konsumsi makanan pun tetap harus dijaga.

Kurun waktu 60 menit dibagi atas tiga sesi. 20 menit pertama untuk pemanasan guna menghindari cedera otot. 20 menit kedua diisi dengan gerakan inti dan sisanya peregangan yang berfungsi untuk mengembalikan otot-otot yang tegang.

Senam aerobik dapat dilakukan oleh semua kalangan usia. Untuk anak-anak tak perlu khawatir karena senam untuk anak tentunya tak sama dengan orang dewasa. Dan disarankan menggunakan jasa instruktur sebagai penuntun gerakan.

Diakui Rino, dewasa ini banyak beredar obat-obatan pelangsing yang menjanjikan berat badan turun dengan cepat. Dikatakannya obat-obatan tersebut selayaknya dihindari, karena amat berbahaya bagi tubuh. “Kandungan bahan kimianya dapat membahayakan ginjal,” paparnya.

Bagaimana pun juga resep aman memiliki tubuh sehat dan langsing adalah dengan berolahraga. Tak jarang orang jenuh dengan olahraga sehingga mau praktisnya saja. Tetapi metode seperti itu tidak selalu sehat, bahkan bisa-bisa malah mendatangkan penyakit. Oleh karenanya carilah olahraga yang kaya variasi agar tidak membosankan. Ya salah satunya adalah senam aerobik.

Sumber :: http://www.harian-global.com

About these ads

5 responses to “Senam Aerobik; Tubuh Sehat, Langsing pun Dapat

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s