Penyalahgunaan Facebook

Akhir-akhir ini telah ramai diperbincangkan oleh masyarakat luas tentang Facebook. Tentunya Anda sudah tak asing lagi dengan nama Facebook, bahkan tak jarang dari kita menghabiskan sebegitu banyak waktunya untuk mengupdate selalu statusnya di Facebook. Menyenangkan memang bila kita dapat berkomunikasi dengan orang lain dan tau apa yang sedang mereka lakukan saat ini. Apalagi kini Facebook pun sudah sangat mudah diakses juga melalui ponsel. Berbagai website di internet pun berlomba-lomba untuk bisa bekerja sama dengan pihak Facebook…

Telah diakui oleh banyak orang kalau situs jejaring sosial ini memang sedang digemari oleh masyarakat dari berbagai kalangan, dari mulai anak kecil, dewasa sampai orang tua pun sudah mempunyai Facebook…

Facebook ini memang banyak sekali manfaatnya,,tapi selain bermanfaat juga, ternyata Facebook adalah sumber bencana bagi sebagian orang..

Ada beberapa keuntungan dari Situs Pertemanan (Facebook) ini,  sudah jelas kita juga merasakan sendiri manfaat dari Facebook ini diantaranya kita bisa melakukan obrolan sama semua orang, baik yg sudah dikenal maupun belum kenal sekalipun. Selain itu juga, manfaat dari Facebook adalah menambah banyak teman, kita bisa bertemu kembali sama orang yang sudah lama tidak ketemu atau terpisah karena jarak dan waktu, berbagi cerita dan pengalam kepada orang-orang yang biasanya selalu disertai dengan Foto-foto Pribadi mereka masing-masing…Facebook juga bisa jadi ajang Jualan heheh…itu dilakukan oleh orang-orang yang mempunyai OnLine Shop…Bisa juga ajang pencarian jodoh untuk orang yang Single,seperti saya heheheh….pokoknya masih banyak keuntungan dari Situs Pertemanan ini..

Disamping Keuntungan, Facebook juga tidak luput dari Kerugiannya…Sekarang yang menjadi perbincangan orang-orang dan kekhawatiran para orang tua yang mempunyai anak yang gemar Facebook…Bagai sebuah pisau, Facebook sebagai medium pertemanan adalah netral. Di tangan mereka yang ingin menjalin komunikasi lebih luas, Facebook pun menjadi perpanjangan tangan manusia yang bermanfaat. Sementara di tangan pihak yang tak bertanggung jawab, Facebook justru makin mempermudah manusia untuk berbuat jahat.

Korban berjatuhan akibat menggunakan situs pertemanan Facebook. Sejumlah remaja hilang atau bahkan dibunuh karena berhubungan dengan orang “asing” di dunia maya melalui Facebook.

Seorang wanita remaja  kabur dari rumah kerabatnya di Serpong, Tangerang, Banten. Belakangan diketahui, wanita tersebut kabur bersama teman lelaki yang dikenalnya di Facebook. Keluarga wanita pun kemudian melapor ke polisi. Tim Kejahatan dengan Kekerasan Kepolisian akhirnya mengendus keberadaan wanita di rumah teman lelaki nya. Dan si lelaki pun dibekuk.

Tidak hanya itu tindak kejahatan yang melalui Facebook, dunia prostitusi juga seolah mendapat tempat yang pas di Facebook. Dengan situs mesin pencari, mudah ditemukan grup Facebook yang menyediakan jasa pemuas napsu syahwat. Tak hanya melalui grup, pekerja seks komersial dunia maya pun memasang halaman pribadi Facebook untuk menjaring konsumen.(Naudzubilah)

Pemerintah bereaksi. Kementerian Komunikasi dan Informatika mengeluarkan Rancangan Peraturan Menkominfo tentang Konten Media (RPM Konten). Permenkominfo itu akan melarang pendistribusian, transmisi, dan penyediaan akses terhadap konten-konten pornografi, sesuatu yang berlawanan dengan kesusilaan, perjudian, dan penghinaan.
Namun penerbitan RPM Konten ini langsung menuai protes pengguna internet di Tanah Air. Protes setidaknya diwakili para pengguna Facebook, yang membentuk sebuah kelompok dengan nama “Tolak RPM Konten”. Hingga awal pekan silam, pendukung gerakan ini mencapai 5.519 orang.(Sumber : berita.liputan6.com)

Peran orang tua sangat dibutuhkan anak. Memang sulit membendung teknologi dan arus informasi di dunia maya. Namun sudah saatnya masyarakat menggunakan situs jejaring pertemanan ini dengan lebih bijak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s