Stop! Jangan Dipencet!

KapanLagi.com – Sebal rasanya apabila muncul komedo di wajah. Apalagi si komedo yang bandel ini sering muncul di daerah T. Tidak percaya diri rasanya apabila si komedo ini tumbuh di hidung atau dahi. Apa yang biasanya Anda lakukan? Memencetnya hingga keluar? Eit! Mulai sekarang jangan lakukan hal itu.

Komedo muncul akibat penumpukan sebum dan keratin, yang kemudian membuat pori-pori membesar. Dari sinilah debu dan kotoran masuk ke dalam pori-pori. Membuat kulit tersumbat. Dan dalam sekejap terbentuklah yang akrab Anda sebut dengan komedo.

Komedo ini membuat kulit wajah Anda yang sebelumnya mulus menjadi tidak rata. Pori-pori yang membesar menjadikan kulit wajah tampak bergelombang. Sehingga yang harus Anda lakukan adalah menyingkirkan komedo, untuk mendapat kulit yang mulus kembali. Namun tidak dengan memencet dengan tangan.

Sadarilah bahwa tangan Anda mengandung berjuta kuman yang mungkin bisa membuat komedo Anda semakin parah. Bisa saja kulit Anda malah terinfeksi dengan kuman lain dan teriritasi. Bukan itu yang Anda mau pastinya.

Ada cara yang lebih aman untuk menyingkirkan si komedo yang menyebalkan ini. Simak cara-cara berikut ini:

1. Minum air mineral minimal delapan gelas sehari.

Air mampu membantu tubuh Anda mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Zat-zat yang tidak dibutuhkan tubuh juga akan keluar melalui keringat. Sehingga si komedo juga akan ikut keluar melalui keringat Anda. Jus buah juga bagus untuk membantu proses detoksifikasi. Pilih jus buah yang segar dan bermanfaat untuk perawatan kulit Anda.

2. Rajin membersihkan wajah adalah salah satu pencegah timbulnya komedo baru.

Lakukan beberapa langkah, seperti membersihkan dengan susu pembersih, mencuci muka dengan sabun, men-scrub dua kali seminggu, menggunakan penyegar dan jangan lupa gunakan pelembab. Jangan memilih langkah yang paling pendek namun tidak memberikan hasil secara maksimal. Relakan untuk merasa repot membersihkan wajah dalam beberapa langkah. Untuk mendapatkan wajah yang cemerlang memang diperlukan pengorbanan. Anda harus bersabar untuk itu.

3. Pilih moisturizer atau sabun muka yang mengandung AHA.

Zat ini mampu membantu menghilangkan komedo dari kulit wajah Anda.

4. Gunakan masker alami yang bisa Anda racik sendiri dari buah-buahan.

Misalnya masker yang terbuat dari buah jeruk nipis. Selain membuat kulit Anda lebih cerah. Jeruk nipis juga mampu membantu komedo keluar dari sela pori wajah Anda.

Yang paling penting adalah Anda harus selalu menjaga kebersihan tangan dan wajah. Sebaiknya hindari pula memegang wajah dengan tangan kotor. Sumber kuman utama dari tubuh Anda adalah tangan. Jangan sembarang memencet komedo dengan tangan kotor. Lakukan saja scrub dengan buah-buahan atau masker instant. Selalu cuci tangan Anda setelah melakukan kegiatan, terutama yang membuat tangan Anda menjadi kotor.

Sumber :: http://woman.kapanlagi.com

2 responses to “Stop! Jangan Dipencet!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s